Ketahui Jenis Gudang dan Kegunaannya

Spread the love

Saat ini bisnis penyewaan gudang rupanya cukup meningkat tajam. Hal ini dikarenakan adanya bisnis logistik dan produsen yang membutuhkan keberadaan gudang penyimpanan yang memadai. Dan kebutuhan tersebut saat ini bisa dipenuhi dengan cara yang lebih terjangkau yaitu dengan sistem menyewa gudang.

Ketahui Jenis Gudang Menurut Kepemilikan

Memiliki sebuah gudang sebenarnya menjadi kebutuhan penting dari sebuah perusahaan. Gudang akan digunakan untuk menyimpan bahan baku, logistik hingga aneka peralatan yang dibutuhkan operasional perusahaan yang bersangkutan. Di bawah ini adalah beberapa jenis gudang menurut kepemilikannya.

  1. Gudang milik pribadi

Gudang milik pribadi adalah sebuah tempat penyimpanan barang yang umumnya dimiliki oleh mereka yang menjadi reseller atau pemasok barang tertentu. Di antara jenis perusahaan yang memiliki atau memanfaatkan jenis gudang seperti ini adalah perusahaan retail. Mereka akan menyimpan barang dari pabrik pemasok untuk kemudian didistribusikan ke berbagai toko yang berada di bawah pengelolaan mereka.

Apabila perusahaan retail itu ternyata memiliki sekitar satu atau dua buah toko yang berada di satu kota, umumnya mereka memiliki gudang milik pribadi dengan tujuan untuk memberikan kemudahan dalam proses distribusi.

  1. Gudang milik umum

Untuk jenis gudang milik umum adalah jenis bangunan yang disewakan untuk kebutuhan penyimpanan serta distribusi barang yang dilakukan dalam jangka pendek. Jenis gudang milik umum ini biasanya dimanfaatkan oleh perusahaan yang sudah memiliki gudang miliki pribadi tersendiri. Gudang ini digunakan hanya sebagai gudang tambahan yang bersifat sementara.

Jenis gudang ini memang disewakan secara bebas pada publik. Maka kepemilikan dan isi yang disimpan dalam gudang pun beragam sesuai dengan penggunaannya oleh penyewa. Gudang jenis ini juga banyak ditemui di kawasan industri dan pabrik.

  1. Gudang otomatis

Bahwa teknologi canggih yang digunakan saat ini terus berkembang secara pesat dan bisa menjangkau semua bidang kehidupan. Termasuk di antaranya adalah gudang otomatis yang di dalamnya sudah dilengkapi aneka perlengkapan canggih dengan teknologi tinggi.

Di antara fasilitas canggih yang ada dalam jenis gudang ini adalah robot yang membantu untuk mengoperasikan atau mengelola gudang agar bisa membantu pekerjaan manusia. Di samping itu, ada juga alat canggih yang disebut sebagai conveyor belt yang berguna untuk membantu membawa barang sehingga akan lebih efektif dan meminimalisir kebutuhan tenaga kerja manusia.

  1. Gudang dengan Pengaturan Suhu

Sebuah gudang yang dilengkapi dengan sistem pengaturan suhu menjadi gudang penyimpanan untuk berbagai macam produk yang memerlukan penanganan secara khusus. Umumnya gudang seperti ini akan dipakai oleh perusahaan makanan atau minuman.

Misalnya adalah gudang penyimpanan untuk pabrik es krim. Untuk bisa menyimpan produk makanan beku tersebut tentu memerlukan gudang dengan pengaturan suhu secara khusus agar supaya es krim tak mencair.

Jenis gudang seperti ini memang tak ada dalam jumlah banyak. Pasalnya hanya bisnis atau perusahaan yang berkecimpung di bidang makanan khusus saja yang membutuhkan penyimpanan dengan gudang seperti ini.

  1. Gudang pusat distribusi

Jika Anda jeli dengan namanya, tentu sudah mengetahui bahwa gudang ini memiliki fungsi sebagai tempat distribusi barang perusahaan. Jenis gudang ini digunakan untuk tempat penyimpanan barang untuk jangka waktu yang pendek.

Kemudian dari gudang ini, barang akan segera didistribusikan ke pelanggan. Umumnya barang akan datang disimpan di pagi hari, sedangkan malam hari banyak digunakan untuk proses distribusi.

Pentingnya Keberadaan Gudang untuk Sebuah Perusahaan

Sekilas keberadaan gudang terlihat sepele dan biasa. Padahal keberadaan gudang akan sangat menentukan kualitas dan kuantitas produksi yang dilakukan pada jangka waktu tertentu. Gudang juga menjadi unsur penting yang mendukung produsen dalam berbisnis.

Bahkan gudang juga berperan sebagai sarana komunikasi yang efektif antara mereka yang terlibat dalam bisnis yang menggunakan gudang tersebut.