Fungsi Gudang dalam Bisnis yang Sukses

Spread the love

Seperti yang Kita ketahui, bahwa gudang menjadi salah satu fasilitas yang sangat dibutuhkan dalam dunia logistik. Entah itu untuk jangka panjang maupun jangka pendek, banyak dari perusahaan atau pabrik yang lebih mempertimbangkan untuk menyewa gudang ketimbang membuat gudang milik mereka sendiri. Di antara alasan mereka adalah karena sewa gudang diyakini jauh lebih terjangkau.

Fungsi Gudang dalam Bisnis yang Penting untuk Diketahui

Bahwa fungsi gudang bukan hanya untuk tempat penyimpanan atau menjadi tempat stok barang saja. Namun fungsi yang sebenarnya lebih luas dan lebih banyak. Terutama dalam sistem logistik barang, supply chain, gudang menjadi sebuah fasilitas infrastruktur atau pendukung penting sebuah perusahaan.

Di bawah ini adalah beberapa fungsi dari gudang yang penting untuk Anda ketahui dan pahami.

  1. Sebagai tempat penyimpanan produk atau bahan baku

Gudang memiliki fungsi untuk menyimpan produk atau bahan baku setelah proses produksi selesai dilakukan.

Untuk itu pastinya lokasi gudang tak jauh dari tempat proses produksi dilakukan. Karena akan ada aktivitas sibuk untuk mengambil dan meletakkan bahan baku di gudang serta tempat produksi.

Biasanya ada beberapa jenis barang yang disimpan dalam gudang ini, seperti misalnya karet, material beton, bijih besi dan jenis bahan baku lainnya.

  1. Tempat penyimpanan barang setengah jadi

Fungsi berikutnya adalah untuk menyimpan berbagai jenis barang setengah jadi. Bahwa penting untuk diketahui, jika Anda menyewa jenis gudang ini maka harus mengeluarkan budget biaya yang cukup besar.

Hal itu dikarenakan penggunaan gudang ini akan sangat memerlukan waktu dan tenaga yang lebih ekstra terutama dalam hal pelabelan yang diberikan pada seluruh barang yang masuk ke dalam gudang.

  1. Tempat penyimpanan bahan jadi untuk produksi

Gudang jenis ini memiliki fungsi untuk menyimpan bahan jadi yang menjadi hasil produksi perusahaan. Jika Anda ingin menggunakan gudang ini maka setidaknya harus membayar biaya sewa per bulan atau per minggu atau per jangka waktu sesuai dengan kesepakatan yang dibuat dengan pemilik gudang.

Barang hasil produksi perusahaan terlebih dahulu akan disimpan di gudang ini sebelum didistribusikan kemudian. Lalu proses distribusi akan dilakukan sesuai dengan kebutuhan para konsumen.

  1. Gudang fullfillment

Apabila Anda mencari jenis gudang yang digunakan sebagai tempat untuk proses reverse logistik, jenis gudang fullfillmentlah tempatnya.

Gudang jenis ini memiliki fungsi sebagai tempat untuk menyimpang barang atau produk yang akan diretur atau dikembalikan. Gudang ini juga berfungsi sebagai tempat untuk melakukan cek kembali pada barang yang diretur tersebut.

Setelah itu pekerja akan mencari jenis barang yang rusak serta tak layak kirim untuk dihancurkan atau digunakan kembali jika masih bisa dimanfaatkan.

  1. Gudang cross docking

Adalah sebuah gudang yang dipakai oleh pemilik jasa ekspedisi untuk memindahkan muatan dari satu truk ke truk ekspedisi yang lainnya.

Gudang ini menjadi sebuah gudang yang memiliki fungsi efektif dan efisien dalam proses pemindahan barang yang dilakukan dengan cepat. Untuk itu biaya sewa gudang ini juga terhitung lebih terjangkau dibandingkan jenis gudang lainnya.

  1. Gudang sebagai pusat konsolidasi dan transit

Jenis gudang ini memiliki kegunaan sebagai tempat untuk transit dan konsolidasi barang. Barang yang diperoleh dari pusat kemudian akan digabungkan lebih dulu. Setelah itu batang akan dilanjutkan untuk diberikan pada konsumen.

  1. Gudang sebagai tempat transhipment

Fungsi dari gudang ini tak jauh beda dengan gudang cross docking atau transit. Namun mayoritas, penggunaan gudang ini dipakai sebagai tempat penyimpanan aneka macam barang yang memiliki ukuran besar. Terlebih dahulu barang dibagi atau disortir kemudian membaginya ke jumlah yang lebih kecil. Setelah itu baru barang akan siap dikirim ke konsumen yang memesan.

  1. Gudang untuk kepentingan publik

Selain gudang milik pribadi atau yang disewakan, ada juga jenis gudang yang dikelola oleh negara. Di antaranya adalah gudang Bulog yang dipakai sebagai tempat penyimpanan beras.

  1. Gudang untuk break bulk operation

Bahwa gudang juga bisa difungsikan sebagai lokasi untuk memecah jumlah atau ukuran barang hasil produksi pada jumlah yang lebih beragam. Misalnya pabrik bisa melakukan produksi barang sejumlah 1000 buah. Namun pelanggan membutuhkan jumlah yang lebih kecil, maka agar lebih efisien gudang menjadi tempat untuk packing barang sejumlah pesanan konsumen.

Pertimbangan Lebih Baik Sewa atau Milik Sendiri?

Beberapa perusahaan lebih memilih untuk menyewa ketimbang membuat sendiri gudang yang diperlukannya. Tentunya hal tersebut memiliki alasan tersendiri.

Jika Anda memiliki perusahaan yang sangat membutuhkan gudang sebagai tempat penyimpanan jangka panjang, maka sebaiknya memiliki gudang secara pribadi akan menjadi solusi terbaik untuk kebutuhan tersebut.

Namun lain halnya jika Anda memiliki perusahaan dengan produksi pabrik yang membutuhkan gudang hanya dalam jangka waktu pendek. Atau gudang hanya akan diperlukan pada waktu tertentu seperti misalnya pada bulan Ramadhan, musim liburan atau persiapan sekolah.