Ketahui Cara Mengelola Stok Barang di Gudang

Spread the love

Dalam dunia bisnis, tentunya Anda mengetahui bahwa sebuah fasilitas khusus yang disebut sebagai gudang yang dibuat dengan tujuan untuk membantu mencapai target pencapaian dengan biaya yang paling minimal. Di dalamnya membutuhkan manajemen gudang yang memiliki pengertian sebuah aturan untuk mengelola gudang dan sistem distribusi barang yang akan diberikan pada konsumen dengan jumlah yang tepat dan waktu yang lebih spesifik.

7 Cara Mengelola Stok Barang di Gudang dengan Baik dan Benar

Salah satu fasilitas perusahaan yang terbilang penting keberadaannya adalah gudang. Lalu apa saja manfaat dari adanya gudang perusahaan? Berikut beberapa manfaat yang dimiliki oleh sebuah gudang perusahaan atau pabrik.

  • Untuk menjaga kualitas dan kuantitas logistik dan peralatan yang disimpan di gudang tersebut
  • Meningkatkan layanan distribusi barang, menyediakan informasi dan data yang lebih akurat, aktual dan akuntabel
  • Memudahkan akses pengendalian dan pengawasan stok gudang
  • Membantu menertibkan proses administrasi
  • Penataan logistik dan peralatan dalam gudang dengan efektif

Nah beberapa manfaat tersebut akan bisa didapatkan secara maksimal hanya jika pemilik gudang bisa melakukan pengelolaan stok barang di gudang dengan baik dan benar. Perlu diketahui bahwa ada 7 cara yang bisa dipakai untuk mengelola stok barang di gudang dengan baik dan benar.

  1. Miliki gudang penyimpanan yang memadai

Cara yang pertama adalah dengan memiliki gudang untuk penyimpanan stok barang yang memadai. Sebelum membuat atau menyewa gudang untuk tempat penyimpanan barang, terlebih dahulu ketahui kebutuhan tempat penyimpanan sesuai dengan jumlah barang atau kapasitas yang akan disimpan.

Kebanyakan gudang terdiri dari ruangan yang luas serta akses masuk kendaraan besar yang leluasa. Karena umumnya ada banyak lalu lalang mobil truk atau jenis lainnya yang berukuran besar untuk keperluan angkut barang.

  1. Mencatat data yang lengkap dan akurat

Cara yang kedua adalah dengan membuat catatan data stok barang yang lengkap dan akurat. Apapun stok barang yang Anda simpan di gudang harus ada rincian catatan lengkapnya dalam pembukuan secara khusus.

Cara ini bukan hanya membantu Anda untuk mengelola stok barang, namun juga memudahkan Anda ketika melakukan pencarian barang ketika akan melakukan proses distribusi.

  1. Membuat daftar perkiraan persediaan barang

Usahakan untuk membuat daftar perkiraan persediaan barang yang akan disimpan di gudang. Dari mulai jenis barang, jumlahnya dan rincian barang masuk setiap harinya harus bisa ditulis dengan jelas. Daftar ini nantinya akan memudahkan Anda untuk mengelola penyimpanan barang di gudang dengan lebih baik dan barang pun akan tersimpan dengan aman.

  1. Membuat kode khusus di semua barang

Pernah kesulitan mencari satu jenis barang yang disimpan di gudang penyimpanan? Hal itu tak akan terjadi jika Anda melakukan penyimpanan barang dengan cara mengkategorikannya terlebih dahulu.

Langkah pertama adalah dengan membuat kode khusus untuk semua jenis barang yang akan disimpan di gudang penyimpanan. Tempelkan kode tersebut pada setiap barang dan pisahkan sesuai dengan kategori masing-masing.

Setting penyimpanan sesuai dengan kode yang dibuat sehingga setiap barang akan masuk sesuai dengan kode yang dimilikinya. Dengan begitu, selain memudahkan Anda untuk melakukan kontrol stok barang serta mudah juga untuk mencari stok barang saat membutuhkannya.

  1. Usahakan untuk memisahkan antara produk stok lama dan baru

Pastikan untuk memudahkan produk dari stok lama dan baru. Usahakan jenis produk stok lama yang nanti terlebih dahulu keluar dari gudang penyimpanan sehingga kualitas produk akan tetap terjaga dengan baik.

  1. Cek barang sebelum disimpan

Semua produk yang disimpan di gudang juga harus melalui proses pengecekan untuk mengetahui apakah produk dalam kondisi bagus atau tidak. Jika tidak, pisahkan agar supaya tak masuk ke dalam stok yang disimpan yang kemungkinan bisa merusak kualitas produk lainnya.

  1. Rutin mencatat

Jangan lupa untuk tetap rutin mencatat semua keterangan yang dimiliki oleh produk yang disimpan di gudang penyimpanan. Catatan yang dibuat akan sangat bermanfaat untuk kepentingan pengelolaan stok barang di gudang.

Bagaimana Jika Barang Tak Lolos Pengecekan Produk?

Jika produk tersebut berbentuk makanan maka biasanya akan langsung dihancurkan agar supaya tak dikonsumsi oleh manusia karena kandungannya yang sudah tak aman untuk dikonsumsi. Namun jika produk tersebut berbentuk bahan mentah, biasanya akan digunakan untuk hal lainnya yang bermanfaat untuk proses produksi usaha.