Tips Sewa Gudang di Sidoarjo yang Efisien

Spread the love

Untuk saat ini, ada banyak sekali jenis gudang yang disewakan untuk bisnis. Dari mulai gudang penyimpanan biasa hingga jenis gudang modern dengan segala fasilitas canggih yang ada di dalamnya. Nah agar supaya bisnis atau perusahaan Anda bisa mendapatkan sewa gudang Sidoarjo yang terbaik sesuai kebutuhan, ada beberapa tips yang bisa digunakan.

Ketahui Tips Sewa Gudang di Sidoarjo yang Efisien

Sebagai salah satu kawasan industri, banyak masyarakat Sidoarjo yang membangun gudang penyimpanan untuk disewakan pada bisnis atau perusahaan yang membutuhkannya. Diketahui bisnis ini cukup marak dan berkembang pesat karena semakin lama semakin banyak bisnis yang membutuhkan keberadaan gudang.

Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memilih gudang terbaik untuk bisnis Anda.

  1. Ketahui tujuan perusahaan

Bahwa setiap perusahaan memiliki kebutuhan dan tujuan untuk bisnis yang berbeda. Dengan terlebih dahulu memahami tujuan perusahaan maka Anda akan bisa memilih jenis gudang yang pas dan cocok dengan kebutuhan perusahaan.

Tujuan perusahaan juga akan menentukan proses untuk produksi barang, strategi bisnis yang dipakai dan manfaat dari produk yang ditawarkan.

  1. Jeli melihat trend pasar atau industri

Di antara faktor yang sangat mempengaruhi trend pasar atau industri adalah perkembangan teknologi. Hal ini menjadi penting untuk diperhatikan sebelum Anda sewa gudang Sidoarjo. Dari mulai desain gudang, lokasi, tata letak, jenis gudang akan ikut berkembang sesuai dengan trend pasar serta perkembangan teknologi yang paling terbaru.

Jadi terlebih dahulu sebelum Anda memilih untuk menyewa gudang secara bulanan atau tahunan, sebaiknya pahami terlebih dahulu trend pasarnya. Pastikan lokasi gudang strategis sesuai dengan lokasi pemasaran. Pilih desain dan fasilitas yang ada di dalamnya yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau bisnis Anda.

  1. Membuat perencanaan bisnis

Bahwa dengan membuat perencanaan bisnis yang meliputi pengembangan service point, potensi penjualan produk dan siapa saja target market yang dituju akan sangat berpengaruh pada jenis gudang yang dibutuhkan.

Semakin besar potensi penjualan produk, maka semakin besar ukuran gudang yang kamu butuhkan.

Di mana dalam hal pengembangan service point dan sistem distribusi perusahaan yang dilakukan akan sangat berpengaruh pada ketersediaan fasilitas gudang yang dibutuhkan. Strategi rantai pasokan barang juga memiliki pengaruh yang erat kaitannya dengan jumlah gudang yang perlu disewa dan pemilihan tata letaknya.

  1. Ketahui tingkat layanan pelanggan

Dalam rangka untuk meningkatkan kualitas layanan pada pelanggan, maka sangat membutuhkan manajemen gudang yang baik dan benar. Di mana hal tersebut sangat dipengaruhi oleh sumber daya manusia, kualitas produk, kebijakan perusahaan dan sistem pergudangan yang dipilih.

Misalnya saja, perusahaan Anda memiliki produk yang hanya bisa bertahan lama jika disimpan di lemari pendingin atau freezer. Maka sebaiknya memilih jenis gudang yang memiliki sistem pengaturan suhu sehingga barang yang disimpan di gudang bisa tetap terjaga dengan baik.

  1. Pengaruh dari luar perusahaan

Bahwa untuk memilih jenis gudang untuk perusahaan atau pabrik, juga bisa dipengaruhi oleh faktor eksternal atau dari luar perusahaan. Di antaranya adalah faktor keamanan gudang, konstruksi bangunan, manual atau otomatis handling dan aksesibilitas gudang.

Adanya faktor eksternal sendiri dipengaruhi oleh tujuan perusahaan yang melakukan kegiatan sewa gudang. Contohnya, perusahaan sudah memiliki gudang, namun pada beberapa waktu tertentu memerlukan tambahan gudang karena permintaan produk yang cukup meningkat. Hal itu secara otomatis akan membutuhkan lokasi gudang yang dekat dengan gudang lainnya sehingga bisa mempermudah proses manajemen sewa gudang Sidoarjo.

Hal Penting Sebelum Anda Melakukan Perjanjian Sewa Gudang

Bahwa dalam surat perjanjian harus tercantum tentang beberapa hal berikut ini.

  • Status penyewa dan pemilik gudang

Dalam surat perjanjian sewa gudang harus tercantum tentang keterangan lengkap dan jelas dari status penyewa serta pemilik gudang. Disebutkan di dalamnya tentang keterangan pihak Pertama dan pihak Kedua yang menyepakati tentang perjanjian sewa menyewa gudang yang dilakukan.

  • Biaya sewa dan cara pembayaran

Kemudian hal yang kedua yang ada di dalam surat perjanjian sewa menyewa gudang adalah keterangan berapa jumlah biaya sewa yang disepakati untuk setiap bulan atau tahunnya. Kemudian disebutkan pula biaya tersebut akan dibayarkan dengan metode pembayaran apa.

  • Pasal hukum atau aturan yang mengikat

Dan hal yang ketiga adalah mencantumkan pasal hukum atau aturan yang mengikat kedua belah pihak yang melakukan perjanjian sewa menyewa. Dalam hal ini pasal hukum atau aturan yang mengikat tersebut akan mengatur segala sesuatu terkait dengan hak dan kewajiban yang dimiliki oleh pihak penyewa dan pemilik gudang.

Sehingga diharapkan selama berlangsungnya perjanjian sewa menyewa tersebut tak ada sesuatu hal yang bisa merugikan kedua belah pihak. Dan jikalau ada masalah pun bisa diselesaikan secara kekeluargaan atau dengan solusi yang terbaik sesuai dengan apa yang tercantum dalam surat perjanjian sewa gudang Sidoarjo yang dibuat.